Saat sekarang ini untuk menghemat penggunaan bahan bakar fossil, perusahaan manufaktur mesin-mesin terlebih khusus mesin pembakaran dalam sudah banyak melakuan inovasi untuk hal tersebut.
Mereka melakukan inovasi dengan cara membuat mesin yang bisa menggunakan 2 (dua) atau 3 (tiga) jenis bahan bakar yang bisa digunakan untuk mesin tersebut, seperti:
- Menggunakan solar dan MFO
- Menggunakan gas dan solar
- Menggunakan solar (IDO), MFO dan Gas
Namun dalam operasinya mesin-mesin ini mempunyai beberapa kendala dalam hal fixing penggunaan bahan bakar, dimana diharapkan mesin tersebut bisa beroperasi pada mode gas agar efisien tetapi kadang terjadi hal yang tidak diinginkan atau trip (biasa dikenal dengan pilot trip) ke mode diesel.
Adapun beberapa hal yang menyebabkan pilot trip, antara lain:
- Filter bahan bakar kotor
- Adanya swing pressure/unbalance pressure
- Nilai oktan gas tidak sesuai
- Adanya kenaikan beban mesin yang ekstrim/terlalu cepat
- Adanya gangguan pada element suplai bahan bakar pada engine
Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan pilot trip pada mesin bahan bakar ganda (diesel dan gas)
No comments:
Post a Comment